Daftar Gunung Tertinggi dan Keunikannya di Dunia

Daftar Gunung Tertinggi dan Keunikannya di Dunia – Saat ini sudah sangat banyak gunung yang bisa menjadi salah satu destinasi terbaik untuk para pendaki yang sudah berpengalaman. Setiap lempeng benua memiliki gunung yang menjulang tinggi, sehingga mampu menunjang kegiatan pariwisatanya. Jika kamu pencinta gunung, maka kamu perlu mengetahui dan mendaki gunung tertinggi di dunia.

Daftar Gunung Tertinggi dan Keunikannya di Dunia

Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung Everest – Asia

Gunung dengan ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut ini berlokasi di perbatasan antara Tibet dan Nepal. Gunung tertinggi di dunia ini pertama kali diskalakan pada tahun 1953.
Diperkirakan berusia 50 juta tahun, gunung besar ini merupakan lempeng tektonik India dan Eurasia terbesar di Pegunungan watchesfesh Himalaya dengan ruang tumbuh sekitar seperempat inci per tahun.
Para pendaki membutuhkan 45 hari untuk menggapai puncak Everest dengan biaya sekitar USD100.000. Jalur yang paling populer adalah South Ridge yang berhasil mengantar 800 pendaki serta pemandu mencapai puncaknya pada tahun 2019.

Gunung Denali – Amerika

Gunung dengan ketinggian 6.190 meter di atas permukaan laut ini terletak di Pegunungan Alaska. Para ilmuwan memperkirakan bahwa ketinggian Gunung Denali akan terus meningkat setengah milimeter per tahun.
Alaska Range sepanjang 965 kilometer ini mampu menciptakan pola cuacanya sendiri, seperti angin 150 mph dan suhu -69°C di cuaca yang ekstrem. Karena kondisi cuaca yang tak terprediksi, untuk mencapai puncaknya, pendaki harus berlatih gletser terlebih dulu selama 17 hari.
Sebagian besar pendaki berhasil mencapai puncak melalui jalur Buttress Barat yang pernah mengantar 600 pendaki ke puncaknya dari akhir Mei 2019 sampai awal Juni 2019.

Gunung Kilimanjaro – Afrika

Gunung Kilimanjaro dengan ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut ini berlokasi di Tanzania utara. Per tahunnya, gunung kerucut ini didaki oleh lebih dari 50.000 pendaki.

Memiliki zona ekologi yang beragam, mulai dari padang pasir, hutan hujan tropis, sampai puncak berselimut salju, tak heran gunung ini menjadi gunung favorit para pendaki.
Namun, hanya kurang dari 30% pendaki yang berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian perjalanan melalui Rute Marangu Coca-Cola dengan perjalanan selama 5 hari.
Akhir Juni sampai Oktober merupakan waktu yang tepat untuk mendaki Gunung Kilimanjaro dengan bulan September sebagai bulan pendakian utamanya.

Gunung Elbrus – Eropa

Gunung dengan ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut ini berada di sisi barat daya dari Rusia. Bertengger di Pegunungan Kaukasus yang membagi benua Asia dan Eropa, gunung ini dipercaya sebagai tempat di mana Zeus merantai lengan Prometheus karena mencuri api para Dewa.
Untuk mencapai puncak gunung yang tidak lagi aktif ini, dibutuhkan minimal 1 minggu aklimatisasi melalui puncak barat Elbrus lewat selatan gunung, di mana kereta gantung berada.

Gunung Aconcagua – Amerika

Gunung dengan ketinggian 6.962 meter di atas permukaan laut ini terletak di Argentina barat.
Mayoritas pendaki akan memulai pendakian dari pertengahan Desember sampai akhir Januari. Setidaknya 60% dari 4.000 pendaki tahunan Gunung Aconcagua tidak mampu mencapai puncaknya, karena tidak siap menghadapi tantangan yang ada.